Senin, 15 Mei 2017

komunikasi data 5

Pengertian Komunikasi data

Pengertian Komunikasi data dan Jenisnya - komunikasi data adalah suatu proses pengiriman dan juga penerimaan data atau informasi dari dua atau pun lebih device (seperti komputer , laptop, Handphone dan alat komunikasi lain)yang terhubung didalam sebuah jaringan. Baik itu lokal ataupun yang luas, sepeti layaknya internet.


Pengertian lain dari komunikas data yaitu suatu transmisi data elektronik dengan melalui beberapa media(kabel coaksial,fiberoptik,mikrowave dan lain sebagainya). sistem yang mungkin untuk terjadinya suatu transmisi data sering disebut ialah sebagai jaringan komunikasi data

Jenis-Jenis Komunikasi Data

Terdapat jenis-jenis dan macam-macam komenusikasi Data , Secara umum terdapat dua jenis komunikasi data, yaitu anatara lain:

1.Melalui Infrastruktur Terestrial


Dengan menggunakan media kabel dan juga nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang besar untuk dapat membangun infrastruktur didalam jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk pada teresterial antara lain yaitu: Frame Relay ,Sambungan Data Langsung (SDL), , VPN MultiService dan juga Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).

2.Melalui Satelit 

Dengan menggunakan satelit sebagai dasar aksesnya. Sebab Biasanya wilayah yang dicakup akses oleh satelit lebih luas dan juga mampu untuk menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan untuk dibangunnya infrastruktur terestrial tetapi untuk membangun satelit ini membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan yang lain dari komunikasi satelit adalah  terdapat suatu gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan juga yang paling parah terjadi pada setiap 11 tahun sekali.:

Apa sih yang menyebabkan kita sangat membutuhkan Komunikasi data ini :

Penyebabnya adalah :
  1. Menggunakan Sistem ini akan dapat terasa Lebih Efisien
  2. Karena pada sebagian besar pengguna Komputer hampir menggunakan data ialah sebagai alat komunikasi antar kantor,Perusahaan serta juga  Institusi institusi lainnya.
  3. Menjaga Data agar dapat sampai sesuai tujuan yang diinginkan.
  4. Dapat mengurangi Keterbatasan pada Waktu
  5. Data menjadi suatu Terahasiakan jika ada data yang tidak dapat atau boleh diketahui pihak lain.
    Bagaimana cara menjaga data didalam suatu sistem komunikasi data???
  • Pastikan media transmisi tersebut tidak rusak
  • Pastikan Alamat IP yang mau dikirim tersebut benar
  • Lindungi kabel-kabel dari binatang perusak
  • Letakan Kabel kabel ditempat yang aman
  • selalu rutin scan virus. Recomendasi ialah sehari 2x
  • HDD yang digunakan tersebut  tidak boleh Bad sector
  • Agar lebih baik, HDD yang digunakan itu tidak dicampur dengan software atau game lain dikarenakan ini membuat file menjadi lemot untuk dibuka

Prinsip Komunikasi Data

Prinsip Komunikasi Data antara lain Sebagai berikut :
  1. Pengirim atau senter
  2. Sebagai Media Penghantar
  3. Sink atau penerima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar