Senin, 15 Mei 2017

komunikasi data 6


Pengertian Komunikasi Data : Contoh dan Tujuannya


Pengertian komunikasi data : contoh dan tujuannya – Komunikasi data menjadi hal yang sangat penting di era digital saat ini. kemajuan ilmu teknologi memang memberikan dampak yang begitu dahsyat untuk berbagai sistem komunikasi terutama komunikasi data ini. namun tentunya tidak semua orang memahami makna yang sebenarnya dari komunikasi data itu sendiri, sehingga sudah sepatutnya bagi anda untuk menyimak uraian lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Komunikasi Data

Mengingat pentingnya komunikasi data bagi masyarakat modern saat ini, tentunya anda juga harus mengerti terlebih dahulu arti komunikasi data itu sendiri. Komunikasi data sendiri merupakan sebuah proses di mana terjadi penerimaan dan pengiriman data melalui alat yang diperantarai oleh jaringan atau kabel. Komunikasi data itu sendiri dapat terjadi antar perorangan, institusi atau lainnya baik jarak dekat maupun jarak jauh.
Melihat akan pengertian komunikasi data di atas, maka bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut. Komunikasi data sendiri merupakan sebuah jalan berkomunikasi antar dua orang atau lebih melalui sebuah alat teknologi dengan bantuan jaringan sehingga dapat mencakup jarak jauh dan dekat. Melalui alat yang dihubungkan maka seseorang akan dapat berhubungan dengan baik meskipun jarak yang jauh memisahkan, sehingga tidak heran kemajuan teknologi sangat penting perannya dalam komunikasi data ini.

Contoh Komunikasi Data

Setelah mengetahui akan pengertian dari komunikasi data tersebut mungkin anda sudah dapat membayangkan sistem kerjanya. Namun agar lebih memperjelas pengertiannya maka kami juga tidak lupa akan memberikan berbagai contoh komunikasi data berikut ini. Untuk contoh pertama adalah komputer atau laptop. Melalui alat satu ini berbagai data di olah dan bisa dikirim serta menerima data dengan lebih mudah dan aman.
Untuk contoh lainnya dari komunikasi data adalah telepon yang mana alat komunikasi dua arah ini sangatlah berguna dan lebih mudah dalam melakukan komunikasi data. Selanjutnya adalah televisi yang merupakan alat elektronik yang dapat mengirimkan gambar diam dan hidup secara bersama ditambah suara dengan bantuan kabel atau ruang sehingga yang dibutuhkan dapat terjadi.
Selain itu, radio juga menjadi contoh komunikasi data yang berkembang di era digital ini dengan pengiriman sinyal secara radiasi dan modulasi elektromagnetik. Tidak hanya itu, ternyata kamera digital dan handycam juga menjadi contoh lainnya untuk komunikasi data yang dapat dibagikan melalui jaringan atau saluran secara jarak jauh maupun jarak dekat.
Tujuan Komunikasi Data
Mengetahui akan berbagai pengertian dan contoh komunikasi data yang telah diuraikan di atas tentunya membuat anda menjadi lebih penasaran. Nah untuk melengkapi pengetahuan anda maka kami juga akan memberikan uraian mengenai tujuan dan fungsi komunikasi data berikut ini. tujuan pertama dapat menghemat pengiriman data yang dibutuhkan dalam jumlah besar. Selain itu dapat dioperasikan melalui jarak jauh dengan sistem komputer dan peralatannya.
Tujuan komunikasi data juga akan memudahkan dalam menyebarkan berbagai informasi. Mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam mengolah data-data terutama dalam jumlah yang besar. Mampu menghadirkan data secara langsung dari sumber karena kecepatan dari berbagai alat elektronik yang digunakan.
Tidak hanya itu, karena komunikasi data juga berguna dalam mengolah data dan mengaturnya menurut berbagai macam sistem komputer. Memudahkan orang maupun bisnis yang berlokasi berbeda secara geografis untuk saling berkomunikasi dengan baik. Sangat mendukung kegiatan managemen untuk mengontrol berkat penggunaan sistem komputer secara terpusat atau tersebar.

Demikianlah uraian kami mengenai komunikasi data yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga berbagai informasi di atas bermanfaat untuk anda terutama dalam memahami komunikasi data yang semakin berkembang di era digital saat ini.

Recent search terms:

  • contoh komunikasi data
  • tujuan komunikasi data
  • Pengertian komunikasi data
  • komunikasi data
  • pengertian komunikasi data dan tujuannya
  • contoh komunikasi data dan contohnya
  • contoh dari komunikasi data adalah
  • contoh dari komunikasi data
  • tujuan komunikasi jarak jauh
  • apa yg dimaksd dgn jaringan komunikasih data dan contohnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar